Selasa, 23 Juni 2020

Tugas UAS Essay Kapita Selekta

1.    Ceritakan dan narasikan aktifitas dan pengalaman saudara dalam masa (WFH) Work From Home dan Learning From Home (LFH) di masa pandemic covid -19.
Jawaban:
Jujur kuliah dirumah sangatlah sulit untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen, selain untuk juga terkendala oleh sinyal yang terkadang tidak stabil. Saya sering kesulitan untuk mengerjakan tugas karena tidak mengerti materi yang diajarkan sebelumnya. Apalagi kalau ada tugas kelompok saya dan kelompok saya kesulitan untuk berkomunikasi dan sedikit menghambat pengerjaan.

2.   Ceritakan dan narasikan produktifitas dan peningkatan skill, kapasitas dan pengetahuan apa yang saudara peroleh selama WFH dan LFH dimasa pandemic covid – 19
Jawaban:
Belajar dirumah membuat saya mampu belajar mandiri dan membuat saya lebih mengandalkan wawasan sendiri. Saya juga belajar dari You Tube dan media lainnya yang dapat membantu menambah wawasan dan ilmu untuk saya sendiri.

3.   Buatlah artikel ilmiah atau opini saudara bagaimana Teknologi informasi dapat bermanfaat dalam menghadapi pandemik covid-19 dan New Normal.
Jawaban:
Indonesia bisa menerapkan big data maupun georeference. Manfaat big data dan georeference sangat luas, salah satunya dengan menelusuri riwayat perjalanan pasien terjangkit Covid-19.Berdasarkan data tersebut pemerintah kemudian bisa mengidentifikasi orang dalam pengawasan (ODP).Big data dan georeference tersebut bisa memanfaatkan aplikasi.."Teknologi aplikasi yang dibuat khusus memiliki fitur geotagging dan geolocation  itu bisa bantu identifikasi karena ketika kita unduh, aplikasi itu akan catat riwayat lokasi kita. Aplikasi kemudian akan memberikan notifikasi ke orang-orang yang pernah berkontak atau berada di dekat pasien corona".
kedua aplikasi tersebut harus melibatkan dan berkoordinasi banyak pemangku kebijakan agar sistem teknologi informasi bisa menggunakan data-data dari seluruh pemangku kebijakan yang terkait.Hal ini dilakukan agar kecerdasan buatan (AI) bisa mengolah data yang luas sehingga bisa mengeluarkan keputusan yang konkret dan memberi dampak secara luas.
Teknologi berbasis crowdsourcing penting diterapkan untuk mengumpulkan Crowdsourcing artinya pengumpulan data dilakukan lewat kumpulan data yang diambil dari sekelompok besar orang yang sedang menyalakan aplikasi.Crowdsourcing adalah ada orang berbondong bondong mengisi dan melaporkan ke gugus tugas. maka akhirnya pusat data terintegrasi adalah solusi penanganan corona, jadi AI, Big Data maupun crowdsourcing itu masuk ke pusat gugus tugas informasi itu akan jadi bank data yang valid,data dari masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar